Kamis, 07 Mei 2009

SELAMAT DATANG PROGRAM GERDU-TASKIN TAHUN 2009 DI BUMI RONGGOLAWE TUBAN

Setelah berharap-harap cemas tentang keberlanjutan nasib Program Gerdu-taskin, maka sekarang masyarakat Jawa Timur boleh bernafas lega karena pada tahun 2009 Program Gerdu-Taskin tetap berlanjut keberadaannya sebagai Program Penanggulangan kemiskinan di Jawa timur. Kekhawatiran masyarakat ini di sebabkan bahwa Jadwal kegiatan tahapan Program di desa lokasi mengalami keterlambatan bila di bandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya agenda akbar Propinsi Jawa Timur dalam suksesi pergantian pucuk pimpinan yaitu PILGUB JATIM yang merupakan momentum yang sangat penting dalam menetukan nasib Jawa Timur ke depan. Masyarakat Jawa Timur juga perlu bersyukur karena perhelatan akbar tersebut berjalan dengan damai dan demokratis walaupun ada sedikit riak-riak kecil sebagai luapan kekritisan sekelompok masyarakat Jawa Timur, namun riak-riak kecil tersebut masih dalam konteks dinamika berdemokrasi. Disamping itu keterlambatan tahapan program tersebut juga disebabkan agenda Nasional yaitu pesta demokrasi pemilihan Legislatif.

Berdasarkan data statistik di Pripinsi Jawa Timur, Program Gerdu-Taskin Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan sejak tahun 2002 sampai dengan tahun 2008 telah mampu menjangkau 1.958 Desa/Kelurahan kategori merah dari target sebanyak 2.009 Desa/Kelurahan kategori Merah dan 1.664 Desa/Kelurahan kategori Kuning. Pelaksanaan program Gerdu-Taskin telah terbukti mampu memberikan manfaat bagi rumah tangga miskin berupa: (i) pengurangan beban dan peningkatan pendapatan, (ii) menggerakkan usaha sektor riil di perdesaan, (iii) mengurangi praktik rentenir di pedesaan melalui penyediaan lembaga keuangan mikro yang melayani pinjaman modal secara mudah, cepat dan murah, (iv) terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana lingkungan pedesaan, (v) terjadinya proses pembelajaran sosial (social learning), dan (vi) menumbuhkan suasana kegairahan praktik demokrasi dalam pengambilan keputusan pembangunan.

Program Gerdu-Taskin juga ikut memberikan kontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan. Jumlah penduduk miskin pada tahun 2001 sebesar 7.267.843 jiwa (20,91%) dan pada tahun 2004 berkurang menjadi 6.979.565 jiwa (19,10%). Namun demikian akibat kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bencana alam di beberapa daerah, pada tahun 2005 angka kemiskinan melonjak menjadi 8.390.996 jiwa (22,51%) dan pada tahun 2006 kembali mengalami penurunan menjadi sebesar 7.455.655 jiwa (19,89%) dan pada tahun 2007 mengalami penurunan menjadi 7.137.699 jiwa (18,89%). Dalam rangka mempercepat pengurangan angka kemiskinan ini maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melaksanakan program Gerdu-Taskin dengan lebih meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelestarian program.
Program Gerdu-Taskin pada tahun 2009 telah menetapkan jumlah lokasi yaitu 230 desa/kelurahan untuk program tahap awal sedangkan pada tahun ini tahap penguatan sejumlah 116 desa/kelurahan yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur.

Sementara itu, program gerdu taskin di kabupaten Tuban tahun 2009 mendapatkan alokasi 13 Desa dengan rincian: 9 desa untuk tahap awal/reguler dan 4 desa untuk tahap penguatan. Program tersebut didanai dengan sumber pendanaan dari APBD Provinsi Jatim dengan Sharing APBD Kabupaten/Kota serta sharing swadaya desa. Adapun dana program dari APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2009 untuk alokasi Kabupaten Tuban sebesar Rp.1.208.000.000; sedangkan pemerintah kabupaten wajib menyertakan dana sharing sesuai dengan Pedoman umum dan Petunjuk teknis Operasional sebesar 3/7 X APBD PROPVINSI serta sebagai wujud kepedulian dari desa ataupun masyarakat setempat diharapkan tingkat partisipasi keswadayaan yang cukup tinggi guna mendukung kesuksesan program gerdu-Taskin tahun 2009 di kabupaten Tuban.

Sebagai wujud keseriusan dari pemerintah Provinsi Jawa timur, Program Gerdu-Taskin guna memaksimalkan tujuan dan target program maka pemerintah Provinsi Jawa timur juga menggandeng LSM maupun Perguruan Tinggi untuk mendampingi atau memfasilitasi pelaksanaan tahapan Program. Adapun Pendamping Program Gerdu Taskin pada tahun 2009 di kabupaten Tuban adalah: KASMURI,SE (KTPM/TPM PENGUATAN),TUTIK ASMOROWATI,SH. (TPM AWAL), TUHFATUL KHOIRIYAH,SPd. (TPM PENGUATAN), SALAMUN,SE. (TPM AWAL) dan AHMAD MURTAFIK,SPd. (TPM AWAL)

SEGENAP TPM PROGRAM GERDU-TASKIN KABUPATEN TUBAN MENGUCAPKAN:

”SELAMAT DAN SUKSES PROGRAM GERDU-TASKIN
DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2009”


Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR