Kamis, 01 April 2010

PERBAIKAN RUMAH TAK LAYAK HUNI UKURAN 2 X 2 M MILIK PAK PARSO

Sesuai dengan ruang lingkup kegiatan TRIDAYA Program Gerdu-Taskin yaitu diantaranya Perberdayaan Lingkungan yang diprioritaskan untuk perbaikan sarana rumah tinggal RTMR, maka pada tahapan identifikasi kebutuhan, UPK dan Pemdes Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban berupaya semaksimal mungkin menentukan sasaran yang tepat untuk kegiatan perbaikan rumah tinggal tersebut.

Melalui usulan dari Para Kepala Dusun yang kemudian ditindaklanjuti oleh UPK (UNIT PENGELOLA KEUANGAN) dengan melakukan survey, observasi lapangan dan pada akhirnya diplenokan dalam Rapat Desa, menentukan rumah Pak Parso dari Dusun Tegalrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban ini ditetapkan menjadi salah satu sasaran perbaikan rumah tinggal dari Dana Pemberdayaan Lingkungan Gerdu Taskin Provinsi Jawa Timur.

Pak PARSO adalah salah satu warga Dusun Tegalrejo yang berusia 57 tahun yang hidup seorang diri dirumahnya yang berukuran 2 M X 2 M atau 2 meter persegi dengan kondisinya yang sudah banyak yang rusak disana sini. Pak Parso melakukan segala kegiatan dan aktifitasnya didalam rumah dalam satu ruangan. Dia memasak sendiri, makan, mandi dan tidur dalam satu ruangan yang sempit itu. Tempat Pak Parso tidur adalah sebuah papan kayu berukuran 150 cm x 75 cm yang ditempatkan disalah satu sisi ruangan yang apabila Dia tidur terpaksa harus menekuk atau membungkukkan badannya karena tempatnya yang sempit dan memang rumahnya hanya cukup dimasuki tempat tidur yang ukurannya sangat kecil tersebut. Keadaan seperti itu dilakukan sudah bertahun-tahun lamanya sehingga sampai sekarang tubuhnya membungkuk tidak bisa dikembalikan karena kebiasaan tidur yang salah terlalu lama.

Keinginan Pak Parso untuk memperbaiki atau memperluas ukuran rumahnya sudah lama dipendam, tetapi sebagai seorang buruh tani keinginan seperti itu hanyalah tinggal impian belaka, sebab untuk makan saja terkadang Dia harus meminta belas kasihan dari tetangganya. Sedangkan Program-program bantuan Pemerintah jarang sekali ada bahkan tidak ada yang di alokasikan atau dipergunakan untuk perbaikan rumah tinggal

Maka melalui Forum Identifikasi Kebutuhan Program Gerdu Taskin Provinsi Jawa Timur inilah harapan itu digantungkan. Dan begitu semua peserta Rapat sepakat untuk memasukkan Pak Parso sebagai sasaran penerima manfaat perbaikan rumah RTMR, secepatnya Timlak, UPK dan beberapa Pemdes melakukan pengukuran dilokasi untuk menghitung kebutuhan bahan dan tenaga kerja. Dan Alhamdullilah ternyata Pak Parso bersama tetangga-tetangganya begitu senang dan antusias menyambut program ini, terbukti mereka ikut sibuk melakukan pengukuran dan pembersihan dilokasi. Dan mereka juga berjanji akan ikut membantu sepenuhnya demi kelancaran dan keberhasilan perbaikan rumah Pak Parso jika Dana Program Gerdu Taskin Jawa Timur ini sudah benar-benar cair.

Setelah Dana Program Gerdu-Taskin Provinsi Jawa Timur cair maka secara bergotong royong masyarakat secara bersama-sama melakukan pemugaran rumah pak Parso sehingga dapat di lakukan perubahan signifikan; dan kini Pak Parso dapat terangkat kesejahteraannya dengan memiliki rumah layak huni.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR