Sabtu, 14 Februari 2009

LANGKAH-LANGKAH TUTUP BUKU UPK
Oleh : Kasmuri,SE *


Melakukan kegiatan administrasi dan Pembukuan Keuangan bagi sebuah lembaga Keuangan (UPK) adalah merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan tertib dan menganut prinsip dapat diterima umum. Karena melalui Administrasi dan system pembukuan yang baik akan dapat di peroleh kebutuhan Informasi yang berguna dalam Pengelolaan UPK. Dapat dibayangkan seandainya lembaga keuangan yang kegiatannya berkaitan dengan transaksi mengeluarkan dan menerima uang namun tidak melakukan sistem administrasi dan pembukuan yang tertib, pasti akan menemui masalah keuangan yang rumit terkait dalam menjelaskan posisi keuangan lembaga yang pada akhirnya akan mempengaruhi akuntabilitas dan kredibilitas kelembagaan tersebut. Hal lain harus dilakukan oleh UPK secara rutin pada akhir periode Pembukuan pertahun adalah melakukan Kegiatan Tutup Buku. Tujuannya adalah agar di peroleh Transaksi secara Up to date selama satu periode Pembukuan sehingga dapat di sajikan laporan hasil pengelolaan usaha selama satu periode.

Adapun langkah-langkah melakukan Tutup Buku adalah sebagai berikut:
1.Mendebet atau memasukkan dalam kolom debet angka-angka pada perkiraan pendapatan (caranya lihat kolom saldo akhir buku 6 bulan Desember`08 (pendapatan posisi Kredit) lalu masukan dalam buku 5 pada kolom pendapatan posisi Debet).
2.Mengkredit atau memasukkan dalam kolom Kredit angka-angka pada perkiraan Biaya (caranya lihat kolom saldo akhir pada buku 6 bulan Desember`08 (Biaya posisi Debet) lalu masukan dalam buku 5 pada kolom Biaya posisi Kredit).
3.Mengalokasikan atau mengkredit Sisa Hasil Usaha (SHU) sesuai prosentasenya ke dalam posnya masing-masing (caranya lakukan prosentasi alokasi SHU sesuai pada ketentuan AD/ART UPK selanjutnya masukkan hasil prosentasi alokasi SHU tersebut pada buku 5 kolom pasiva posisi Kredit pada posnya masing-masing)
4.Pastikan pada jumlah total akhir pada buku 5 antara posisi DEBET dan KREDIT adalah ”BALANCE” atau ”IMBANG”.
5.Masukan angka-angka pada perkiraan buku 5 ke dalam buku 6 pada kolom Transaksi bulan ini sesuai dengan posisinya masing-masing (debet/kredit) selanjutnya jumlah di kolom saldo akhir. Pastikan jumlah total buku 6 ”BALANCE” atau ”IMBANG”.
6.Selanjutnya masukkan angka-angka pada kolom saldo akhir ke dalam buku 7 sesuai posnya masing-masing.
7.Buku yang diperlukan dalam Tutup Buku adalah Buku 5, 6, 7

Pada buku 7 setelah tutup buku maka perkiraan pendapatan dan biaya akan nol. Hal ini dikarenakan agar SHU pada tahun 2008 tidak lagi mempengaruhi SHU pada tahun berikutnya (2009). Sehingga dapat diketahui laba usaha selama satu periode pembukuan.

* Penulis adalah konsultan Pengembangan UPK Gerdu-Taskin
Kunjungi web blog kami: http://www.gerdutaskin-tuban.blogspot.com

Related Post



1 komentar:

  1. thx infony gan.maju terus untk mengentas kemiskinann................

    BalasHapus

KOMENTAR